Kamis, 12 Februari 2015

Tujuan Diciptakan Manusia...

Bismillah,

     Seberapa penting kita harus bertanya pada diri kita apa sih tujuan hidup kita? Untuk apa sih kita hidup? Karna jawaban dari pertanyaan inilah yang akan menentukan jalan hidup kita... yang menjawabnya dengan benar akan berada dijalan yang benar dan yang menjawab dengan salah pun berjalan diatas jalan yang salah. Namun sebelum itu sy ingin mengatakan kepada kita semua bahwa semua kita wajib mempertanyakan ini untuk apa sebenarnya saya hidup!
 
    Kita ingin menyadari hal ini untuk kemudian kita bertanya kalo memang ada tujuan, apa tujuan hidup itu? Kalo memang ada maksud penciptaan, apa maksud penciptaan itu? Kalo memang ada sesuatu yang diinginkan Allah swt dari penciptaan manusia dan itu pasti ada, kita saja sebagai mahkluk yang lemah kalo menciptakan sesuatu kita pasti ada maksud dan tujuan dalam menciptakan sesuatu itu. Manusia menciptakan lampu, lalu untuk meneranginya selama 12 jam lebih. Manusia ciptakan kendaraan untuk diantarkan dst. Kalo saja ciptaan manusia yang lemah itu diciptakan tanpa tujuan itu dikatakan aneh dan tdk benar apalagi dunia yang terbentang begitu luas ini, tanpa maksud dan tujuan? Tdk mungkin... 

    Kalo kita melihat kehidupan skr ini kita dapatkan org2 aneh karna mereka tidak tahu untuk apa mereka hidup! Ada yang kerjaannya manjat gunung hidupnya untuk manjat gunung saja, ada yang kerjaannya untuk balapan hidupnya untuk balapan. Ada yg kerjaannya untuk tendang bola hidupnya untuk tendang bola... rasanya terlalu mahal kaki ini hidup hanya untuk nendang bola. Ada yang kerjaannya Cuma cari harta saja seolah2 hidupnya hanya untuk mengumpul harta dan ini Allah ta’ala cela dalam Q.S Al Humazah 1. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela 2. yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung*. 
[*] Maksudnya mengumpulkan dan menghitung-hitung harta yang karenanya dia menjadi kikir dan tidak mau menafkahkannya di jalan Allah.

     Dan bukan tidak ada org hidup hanya sekedar untuk itu karna dia tidak tau lagi hidup untuk apa. Ada yang hidupnya untuk mengejar popularitas seolah2 dia diciptakan Allah swt untuk itu tidak ada maksud dan tujuan lain. Dan semua ini karna tidak terjawab jawaban yang sangat penting ini “Untuk Apa Kita Hidup” “Untuk Apa Allah Ciptakan Kita”. Jadi menurut saya, mudah2an menurut kita semua seperti itu juga “ini pertanyaan penting sekali”. Letakkan selalu di depan pelupuk mata kita pertanyaan besar ini “Untuk Apa Kita Hidup”. Allah tidak biarkan kita menjawab sendiri karna kalo manusia dibiarkan menjawab sendiri jawabannya pasti beraneka ragam karna manusia bervariasi dalam pendidikan, pengalaman hidup, dalam lingkungan mempengaruhi, usia, kecerdasan mempengaruhi cara berpendapat dan menganalisa. 

    Allah tidak biarkan manusia untuk menjawab masing2, Allah terangkan sejelas2nya dalam Alquran dan melalui Rasulullah saw. Kita disuruh baca, pelajari, ikuti. Allah swt berfirman dalam Alquran untuk menjawab pertanyaan penting tadi. Didalam Q.S Ad Dzariat ayat 56. "Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku"  SINGKAT, JELAS, PADAT... 

Wallahu a'lam,


Semoga bermanfaat terutama untuk diri pribadi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar